Header Ads

Griyakom

Cara Merakit Laptop

Berikut adalah langkah langkah untuk merakit Laptop ,
Langkah 1/3 :
Langkah pertama ini, kita harus siapkan dahulu apa saja komponen yang dibutuhkan untuk merakit laptop, berikut adalah komponennya :
a.       Tujuan
Awalnya kita harus memikirkan tujuan kita untuk merakit sebuah laptop, yang dimaksud tujuan itu adalah tujuan anda untuk merakit laptop itu untuk tujuan mengetik dan sebagainya , atau untuk bermain game.
b.      Processor
Hasil gambar untuk processor untuk laptop
Processor adalah sebuah komponen yang sangat penting dalam sebuah komputer/ laptop, nah dalam memilih processor itu kita kembali lagi , apa tujuan kita membuat laptop ,jika untuk mengetik dan sebagainya biasanya yang biasa biasa saja, tetapi yang untuk gaming biasa nya memilih processor yang memilih kecepatan yang tinggi. Dalam memilih processor untuk laptop adalah sebagai berikut :
-          Pastikan bahwa kalian membeli sebuah processor untuk laptop bukan untuk dekstop
-          Ada 2 produsen processor utama, yaitu : Intel dan  AMD, ada banyak fitur dan keunggulan untuk setiap merk, tetapi merk AMD umumnya lebih murah.
c.       Kerangka Laptop
Kerangka laptop sangant menentukan bagian mana yang dapat anda gunakan untuk sisa laptop. Kerangka laptop dilengkapi dengan papan induk / motherboard / mobo, yang menentukan jenis memori (RAM) yang bisa digunakan.
-          Pertimbangkan ukuran papan ketik, karena kerang tidak terlalu bisa disesuaikan, kalian bisa terjebak dengan layar dan papan ketik yang dipilih. Jika memilih kerangka yang besar , maka jika untuk dibawa kemana mana kurang nyaman, karna ukuran nya yang besar, dan beban nya yang berat
-          Dalam mencari sebuah kerangka untuk dibeli itu sulit, masukan “barebones notebook” atau “whitebook shell” di mesin pencarian kalian. Salah satu brand / produsen yang masih memproduksi sebuah kerangka laptop adalah MSI.
d.      Memori (RAM)
 
Sebuah memori itu sangat dibutuhkan dalam sebuah laptop / pc, jika tidak ada memori , maka sebuah laptop/pc tidak dapat dihidupkan .
Memori untuk sebuah laptop/pc itu tentu berbeda, jika memori untuk laptop itu carilah Memori SO-DIMM yang cocok dengan kerangka yang kalian punya. Memori yang lebih cepat akan memberikan performa yang lebih baik untuk aktifitas yang kita kerjakan di laptop.
e.      Cakram Keras (Hard Disk)
 
Laptop biasanya menggunakan penggerak berukuran 2.5”, dan berukuran 3.5” itu untuk sebuah pc. Anda dapat memilih antara standar 5400RPM atau 7400RPM, atau pilih penggerak solid state tanpa bagain yang bergerak. Penggerak solid state biasanya lebih cepat
f.        Kartu Grafis (VGA Card)
 
VGA Card itu tidak sangat dibutuhkan dalam sebuah laptop/pc, jika tidak ada komponen tersebut , sebuah pc/laptop tetap bisa berjalan dengan optimal, biasanya VGA Card dibutuh kan untuk seorang Gamer dan Desainer , karna seorang gamer membutuh kan VGA Card untuk mendapatkan performa yang optimal dalam menjalankan sebuah game berat.
g.       Penggerak Optik (CD ROM)
 
Hal ini adalah sebuah langkah opsional, karena kalian dapat menginstal OS melalui sebuah CD.
                Langkah 2/3 : Memasang Komponen
a.       Persiapkan Alat yang diperlukan
 
Kalian memerlukan satu set obeng yang bersifat magnetik , mengapa saya sarankan yang bersifat magnetik , karna pada saat kita memasang atau melepaskan sekrup , itu tidak akan jatuh lalu hilang, karna obeng bersifat magnetik.
-          Siapkan kantung plastik atau yang sejenis nya untuk menaruh sekrup agar tidak hilang
b.      Lakukan Penahanan
Sengatan listrik dapat dengan cepat merusak komponen komponen, jadi pastikan bahwa kalian menjejak tanah sebelum merakit laptop / pc.Gelang antistatik digunakan untuk membuat kalian membumi ,dan harganya murah
c.       Balikan kerangka sehingga bagian bawah menghadap keatas
dan Buka Panel nya
Balikan kerangka , mengapa? Agar kita mudah memasang komponen ya
d.      Masukan Harddisk ke dalam Braket
Dalam memasang sebuah Harddisk, gunakan 4 sekrup untuk memastikan bahwa harddisk sudah terpasang di braket.
Lalu dorong di braket liku
e.      Pasanglah CD ROM
Langkah ini bervariasi dan tergantung pada kerangka yang kalian punya , biasanya dimasukan dari depan bukaan liku , dan di sorong ke konektor SATA.
f.        Lepas Panel yang menutupi Motherboard
Panel ini kemungkinan besar akan lebih sulit untuk dilepas dari pada panel harddisk. Kalian perlu mengungkitnya setelah melepaas semua sekrup
g.       Pasanglah RAM
Setelah panel terbuka, kalian dapat melihat slot mother induk dan memori. Masukan memori SO-DIMM ke dalam slotnya, lalu dorongnya kebawah untuk menahannya di tempat.
h.      Pasang Processor
Mungkin ada kunci CPU di sekitar socket tempat CPU dipasang. Anda perlu menggunakan obeng falthead untuk mengubah ke posisi “terkunci”
-          Balikkan CPU sehingga kalian dapat melihat pinnya. Seharusnya ada satu sudut yang memiliki pin
-          CPU hanya akan pas berada di socket dengan satu cara. Jika tidak bisa dapat masuk, jangan dipaksa , karna dapat merusak processor dan socketnya
-          Saat sudah masuk, maka kunci tempat CPU
i.         Pasang Hedsink
CPU kalian sudah disertai dengan kipas pendingin. Kebanyakan kipas miliki pasta termal yang sudah dioleskan pada bagian bawah untuk terhubung dengan CPU.
-          Setelah dioleskan, kalian dapat memasang kipas.
-          Biarkan keping pendingin miring sampai kalian menemukan posisi yang tepat.
-          Pasang kabel daya kipas ke motherboard setelah dipasang. Jika anda tidak menghubungkan kabel daya, maka hedsink tidak akan nyala
j.        Tutuplah panel
Setelah semua komponen terpasang, tutuplah panel menggunakan sekrup.
                Langkah 3/3 : Menyalakan Laptop
a.       Pastikan Battery sudah terpasang
b.      Periksa Memori .
Kalian dapat memeriksa kalau memori yang anda pasang dikenali oleh BIOS.
c.       Pasanglah OS
d.      Gunakan Laptop kalian sesuai yang kalian ingin gunakan

Tidak ada komentar