Header Ads

Griyakom

Mengatasi Masalah CPU Fan Eror pada Komputer


Mengatasi Masalah CPU Fan Error Pada Komputer


Pernah membaca pesan CPU Fan Error, Press F1 to Resume ketika baru menyalakan komputer? Jika ya, berarti Fan Processor anda bermasalah. Jika dibiarkan terus-menerus dampaknya adalah PC akan sering nge-hang atau bahkan mati sendiri.
Pesan “CPU Fan Error” manandakan fan processor (kipas processor) PC tidak berputar secara maksimal sehingga udara yang dihasilkan tidak sesuai dengan yang dibutuhkan processor (putaran RPM lambat), hal ini mengakibatkan processor menjadi overheating (terlalu panas). Penyebabnya sendiri bisa bermacam-macam, berikut beberapa diantaranya.



1. Terlalu Banyak Debu Yang Menumpuk Pada Kipas Prosesor

Terlalu banyak debu pada kipas prosesor dapat menghambat perputaran kipas dan meningkatkan gesekan pada sumbu kipas sehingga sumbu menjadi panas.
Penanganannya:
  • Lepaskan kipas prosesor pada socket motherboard, lakukan dengan hati-hati jangan sampai ada kaki yang patah.
  • Setelah terlepas, bersihkan debu-debu yang menempel dengan menggunakan kuas.
Menggunakan kuas sebenarnya sangat tidak maksimal, saya menganjurkan untuk membawa fan processor anda kebengkel terdekat yang mempunyai kompresor udara, semprotkan kompresor ke setiap sudut kipas, dijamin 100% debu akan hilang dan kipas akan terlihat seperti baru
Jangan disemprot menggunakan kompresor air yah, bisa lain nanti ceritanya..

  • Selesai membersihkan kipas, berikan minyak pelumas “singer oil” (pelumas agar fan berputar maksimal). Singer oil ini bisa anda dapatkan di toko sparepart sepeda motor atau bengkel. Buka stiker intel pada fan processor, lumasi fan melalui lubang dibalik stiker tersebut.

2. Kipas Prosesor Kekurangan Pelumas

Kurangan pelumas pada kipas akan menyebabkan kinerja kipas menjadi tidak optimal, sekalipun kipas prosesor sudah bersih dari debu. Untuk penanganannya sama seperti masalah pertama, berikan minyak pelumas pada kipas seperti yang telah saya sebutkan diatas tadi.

3. Fan Sudah Dimakan Usia, Artinya Memang Sudah Saatnya Harus Diganti

Seperti halnya barang elektronik lain, kipas prosesor juga semakin lama dipakai akan mengalami penurunan kinerja. Jika memang ini adalah masalahnya maka satu-satunya solusi adalah dengan membeli kipas prosesor baru.
Harganya cukup bervariasi, untuk kipas yang kualitasnya biasa saja (standar) biasa dijual dengan kisaran Rp.20.000 ssampai Rp.30.000, sedangkan untuk kipas prosesor yang kualitasnya bagus harganya berkisar antara Rp.60.000 sampai Rp.80.000.
Catatan:
Jangan lupa tambahkan pasta processor (bentuknya seperti pasta gigi/odol) fungsinya adalah untuk membantu agar suhu processor tetap terjaga.
Suhu normal processor:
Intel = suhu normal kisara 50 derajat Celcius
AMD = suhu normal kisaran 40 derajat Celcius

Tidak ada komentar